Monday, April 9, 2018

Cara instal Pembaruan sistem secara manual pada perangkat Xiaomi



Seperti perangkat Android lainnya, perangkat Xiaomi dirancang untuk menerima pembaruan perangkat lunak melalui udara (OTA), tetapi itu bukan satu-satunya cara Anda dapat menginstal pembaruan perangkat lunak baru di ponsel Anda.
Memang benar pembaruan OTA adalah cara paling sederhana dan mungkin sangat disarankan untuk tetap up-to-date, tetapi terkadang dapat memakan waktu lama sebelum semua perangkat mendapatkan notifikasi OTA - proses menunggu yang dapat menyakitkan tergantung pada keadaan perangkat lunak yang saat ini diinstal di ponsel Anda.
Untungnya, Xiaomi memungkinkan pengguna untuk menginstal pembaruan sistem secara manual di perangkat mereka, jika menunggu pembaruan OTA keluar dari pembaruan. 

Bahkan, OEM Cina memungkinkan dua cara untuk melakukan ini: menggunakan fastboot atau recovery mode .
Dalam posting ini, kami memiliki panduan langkah-demi-langkah yang mudah tentang cara menginstal pembaruan sistem secara manual pada perangkat Xiaomi menggunakan mode Recovery dan Fastboot, dimulai dengan yang paling mudah dari keduanya.

Cara menginstal Pembaruan sistem menggunakan recovery mode pada perangkat Xiaomi

Catatan - Jika Anda memperbarui ke ROM diskontinyu atau menurunkan versi ke versi ROM yang lebih lama menggunakan paket ROM lengkap, pastikan Anda menghapus semua data dalam mode Pemulihan.
  1. Di PC Anda, unduh MIUI ROM terbaru dari halaman unduhan resmi.
  2. Ubah nama file MIUI ROM yang diunduh ke update.zip
  3. Dengan menggunakan kabel USB, hubungkan perangkat Xiaomi Anda ke PC Anda
  4. Salin file ROM yang diunduh yang Anda ubah namanya di atas menjadi direktori root penyimpanan internal perangkat Anda. Dengan direktori root, itu berarti file ROM tidak boleh tinggal di dalam folder.
  5. Masukkan mode pemulihan pada perangkat Xiaomi Anda. Anda dapat melakukan ini dengan dua cara:
    • Luncurkan aplikasi Updater di ponsel Anda dan kemudian klik pada ikon '…'di sudut kanan atas. Sekarang pilih  Reboot ke mode Recovery
    • Matikan perangkat. Sekarang, tekan dan tahan kedua Volume naik + Tombol daya secara bersamaan untuk menyalakannya dan boot langsung ke mode pemulihan. 
      Catatan: Dalam mode Recovery, menekan tombol Volume naik / turun melalui opsi pada layar sambil menekan tombol Power berarti Anda mengkonfirmasikan pilihan saat ini.
  6. Dalam mode pemulihan, pilih bahasa Anda dan kemudian pilih Instal pembaruan.zip ke Sistem Satu dan konfirmasikan pilihan Anda dengan menekan tombol Daya . Ini akan memulai proses pembaruan secara otomatis.
  7. Pembaruan akan selesai setelah beberapa menit dan ketika selesai, pilih Reboot ke Sistem Satu dan perangkat Anda akan boot ke versi perangkat lunak yang baru dan yang dimaksud.

Cara menginstal Pembaruan sistem menggunakan mode Fastboot pada perangkat Xiaomi

Seperti dengan mode Recovery, menginstal pembaruan sistem menggunakan Fastboot juga membutuhkan PC, namun, Anda juga memerlukan bootloader yang tidak terkunci agar ini berfungsi, di samping langkah-langkah ini (klik di sini jika perangkat Anda tidak terbuka):
  1. Unduh MIUI ROM Flashing Tool .
  2. Pilih versi ROM MIUI pilihan Anda dari daftar dan unduh file yang sesuai. Pastikan untuk memeriksa apakah akhiran file ROM adalah .tgz . Jika tidak, ganti namanya menjadi .tgz .
  3. Matikan perangkat Xiaomi Anda dan tekan tombol Volume + Power secara bersamaan untuk masuk ke mode Fastboot . Hubungkan perangkat ke PC Anda menggunakan kabel USB.
  4. Klik dua kali pada file ROM yang diunduh dan dekompresi .
  5. Buka folder file untuk paket didekompresi dan copy -nya jalan pada komputer Anda.
  6. Dekompresi alat flash MIUI ROM yang diunduh pada Langkah 1.
  7. Klik dua kali untuk menginstalnya pada PC Anda.
  8. Ketika instalasi selesai, buka MiFlash.exe
  9. Di bilah alamatnya, tempel jalur folder dari file ROM yang disalin pada Langkah 5.
  10. Klik pada tombol kuning yang dilingkari untuk menyegarkan dan MiFlash akan secara otomatis mengenali perangkat Anda.
  11. Klik tombol merah yang dilingkari untuk mem- flash file ROM ke perangkat.
  12. Duduk dan saksikan progress bar di dalam MiFlash menjadi hijau sepenuhnya, menyiratkan bahwa pembaruan sistem baru telah berhasil diinstal pada perangkat Anda.
Perangkat Anda akan secara otomatis mem-boot ke versi perangkat lunak baru.

Jika Anda mengalami masalah mencoba secara manual menginstal pembaruan sistem pada perangkat Xiaomi Anda, silakan beritahu kami di komentar Anda di bawah ini.

No comments: