Thursday, November 23, 2017

Cara Memasang Recovery TWRP pada Android Pixel 2 dan Pixel 2 XL




Jika Anda ingin memasang modifikasi pada Pixel 2 atau Pixel 2 XL maka pertama-tama Anda harus mengikuti panduan ini dan menginstal TWRP sebagai pemulihan kustom Anda.

Hampir semua mods populer untuk Android diunduh sebagai file ZIP dan kemudian muncul dalam pemulihan khusus. Baru-baru ini saya menunjukkan cara memotret Pixel 2 ke Mode Pemulihan dan sementara versi stok bisa banyak, pemulihan khusus menawarkan lebih banyak fitur. Selama satu atau dua minggu ke depan saya akan membahas beberapa fitur TWRP yang lebih mendasar untuk dua ponsel Pixel baru dari Google, namun sebelum kami dapat melakukannya, hal itu perlu diinstal pada perangkat.


Proses ini bekerja dengan booting sementara sementara ke TWRP dan kemudian men-flashing file ZIP pada perangkat. Perangkat lain biasanya bisa dengan hanya menginstal TWRP langsung ke partisi pemulihan tapi ada sedikit lebih rumit pada ponsel Pixel 2. Hal ini sebagian disebabkan oleh sistem partisi ganda yang dimiliki Android untuk itu. Tidak semua OEM sekarang menggunakan sistem ini dan karena itulah hal-hal sedikit berbeda untuk Pixel 2 dan Pixel 2 XL.


Sebelum Anda dapat menginstal TWRP (atau bahkan hanya sementara boot ke dalamnya), Anda harus terlebih dahulu mengikuti panduan tentang cara membuka bootloader Pixel 2 dan Pixel 2 XL.Untuk melengkapi tutorial di bawah ini, Anda memerlukan beberapa hal untuk disiapkan terlebih dahulu. Ikuti cara menginstal panduan alat ADB dan Fastboot jika Anda belum melakukannya. Anda juga perlu memulai layanan ADB dengan menjalankan perintah "perangkat adb" (tanpa tanda petik) di Command Prompt. Terakhir, Anda harus mengikuti cara mengaktifkan panduan Mode Pengembang, serta cara mengaktifkan panduan Mode Debugging USB, dan pastikan untuk memberikan akses USB Debugging dari PC ke perangkat Anda.

 Pixel 2 Instal TWRP


   1
Download IMG dan ZIP terbaru untuk TWRP (Pixel 2 - Pixel 2 XL)
   2
Ganti nama file IMG menjadi twrp.img
   3 
Ubah nama file ZIP menjadi twrp.zip
   4
Pindahkan atau salin file ZIP twrp ke penyimpanan internal Pixel 2
   5
Pindahkan atau salin file IMG twrp ke folder yang sama dengan perangkat ADB dan Fastboot Anda

   6
Boot Pixel 2 ke Mode Fastboot
   7
Hubungkan Pixel 2 ke PC dengan kabel USB
   8
Luncurkan Command Prompt di folder yang sama dengan perangkat ADB dan Fastboot Anda
   9
Ketik berikut ini ke dalam Command Prompt. . .
   10
fastboot boot twrp.img


   11
. . lalu tekan Enter pada keyboard


   12
Tunggu TWRP untuk sementara boot pada Pixel 2
   13
Ketuk tombol Install saat masuk ke menu utama TWRP
   14
Browse dan ketuk file ZIP twrp
   15
Gesek panah putih ke kanan untuk mengkonfirmasi pemasangan
   16
Tunggu TWRP dipasang di slot A dan B dari Pixel 2
   17
Ketuk tombol Reboot System saat muncul


Tutorial langkah demi langkah ini adalah penjelasan rinci tentang topik yang saya bahas di artikel Tips dan Trik Pixel 2 saya. Sebaiknya Anda membacanya jika Anda penasaran mempelajari seluk beluk Pixel 2 atau Pixel 2 XL.


Penjelasan

Panduan ini menggabungkan beberapa hal yang berbeda untuk mendapatkan TWRP yang terpasang sepenuhnya di Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Saya ingin menunjukkan bahwa saat menulis ini, TWRP untuk dua ponsel Pixel 2 baru saat ini dalam versi beta. Sebagian besar fitur harus bekerja tapi mungkin ada beberapa hal yang tidak. Sebagai contoh, beta 1 dari Pixel 2 XL tidak mendukung antarmuka sentuh TWRP dan bahkan dengan beta 2 beberapa orang mengalami masalah dengan Android 8.1 Oreo.

Jadi untuk memulai, pertama kita perlu mendownload dua file dari situs TWRP. Untuk mempermudah, kami kemudian akan mengganti nama kedua file ini menjadi hanya "twrp" (jadi akan jadi twrp.img dan twrp.zip). 


Kita kemudian perlu memindahkan atau menyalin file twrp.zip ke Pixel 2 atau Pixel 2 XL ke dalam direktori yang Anda inginkan. Kita kemudian perlu memindahkan atau menyalin file twrp.img ke folder yang sama dengan perangkat ADB dan Fastboot yang ada di komputer Anda.

TWRP Pixel 2

Sekarang kita hanya perlu boot Pixel 2 ke Mode Fastboot dan kemudian kita bisa menghubungkannya ke PC dengan kabel USB. Kita kemudian perlu meluncurkan Command Prompt (atau PowerShell) dari direktori yang sama dengan tool ADB dan Fastboot kami. 

Dari sini, kita hanya perlu menjalankan perintah booting fastroot.hm dan kita harus melihat reboot Pixel 2 ke TWRP Apa yang sedang dilakukan untuk sementara booting TWRP jadi jika Anda melakukan sesuatu seperti root tanpa sistem, Anda tidak akan ingin melakukan installasi penuh dan flash file twrp.zip.

Jika Anda seperti saya sekalipun dan Anda ingin benar-benar menginstal TWRP maka Anda akan ingin menggesek prompt modifikasi terus ketika Anda pertama kali boot ke TWRP. Dari sini, Anda juga ingin menekan tombol Install pada menu utama TWRP lalu browse ke tempat Anda meletakkan file twrp.zip. Ketuk file saat Anda menemukannya, gesek panah putih ke kanan untuk mengkonfirmasi pemasangan dan tunggu sampai dipasang di kedua slot A dan juga slot B.


Dengan TWRP terinstal penuh, Anda kemudian dapat menekan tombol Reboot System untuk me-reboot Pixel 2 atau Pixel 2 XL kembali ke Android. Jika TWRP terinstal penuh, kapan saja Anda boot ke Recovery Mode Anda benar-benar boot ke TWRP karena telah mengganti citra pemulihan stok Anda.


  

No comments: